Home / Artikel Baru / PERTEMUAN PEJABAT DIREKTORAT JENDERAL BIMAS HINDU DENGAN PENGELOLA PERGURUAN TINGGI HINDU

PERTEMUAN PEJABAT DIREKTORAT JENDERAL BIMAS HINDU DENGAN PENGELOLA PERGURUAN TINGGI HINDU

 

Palu, Bertempat di Mercure Hotel Palu Sulawesi Tengah, tanggal 20-22 Agustus 2014 berlangsung Pertemuan Pejabat Direktorat Bimas Hindu Kementerian Agama RI dengan Para Pengelola Perguruan Tinggi Hindu Seluruh Indonesia. Kegiatan yang dibuka oleh Dirjen Bimas Hindu Prof. Dr. IBG Yudha Triguna, menghadirkan Narasumber antara lain Direktur Pendidikan Hindu Drs. Ida Bgs Gde Subawa, M.Si, Sekretaris Ditjen Bimas Hindu, , Drs. Made Suparta, M.Hum dan Prof. Dr. I Made Antara. Kegiatan ini mengambil tema “Melalui Pertemuan Pejabat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Dengan Pengelola Perguruan Tinggi Hindu Kita Tingkatkan Networking Untuk Membangun Perguruan Tinggi Yang Kredibel”

Ketua Panitia Desak Tri Astiti mengungkapkan bahwa manfaat kegiatan ini untuk mendorong peningkatan mutu dan arah pengelolaan perguruan tinggi ke arah yang lebih baik. Peserta Kegiatan terdiri dari Pengelola perguruan tinggi antara lain dari Universitas Hindu Indonesia, STAH Lampung, STAH Dharma Sentana Palu, STKIP Amplapura, STAH Dharma Nusantara Jakarta, STKIP Singaraja, IHDN Denpasar, STAH Tampung Penyang Palangkaraya, STAH Gde Puja Mataram , STAH Santika Dharma Malang, STAHD Klaten.

dirpendDirjen Bimas Hindu Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, MS Mengharapkan kepada seluruh Perti Hindu untuk lebih mensikronisasikan kembali hubungan antara Yayasan dan Pimpinan Perguruan Tinggi serta meningkatkan komunikasi perguruan tinggi dengan Direktorat Jenderal dalam rangka lebih meningkatkan mutu perguruan tinggi dan tata kelola sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi sesuai dengan progran studi yang ada. Dirjen juga mengingatkan untuk menyusun Rencana Strategis untuk masing-masing perguruan tinggi agar tidak terkesan bahwa program-program dan kegiatan yang dilaksanakan berasal dari hanya pikiran pimpinan pada saat itu, tetapi memang merupakan program yang telah terencana dengan baik dan terprogram dan dijaga kontinuitasnya sehingga membawa manfaat bagi perguruan tinggi itu sendiri.

Dirjen juga menegaskan kita perlu membangun jaringan dan hubungan antar lembaga yang merupakan pekerjaan yang lebih berbobot dan sangat bermanfaat bagi umat Hindu secara keseluruhan. Dilain Sesi Diektur Pendidikan Drs. Ida Bagus Subawa, M.Si menekankan pentingnya membangun networking dalam rangka membangun perguruan tinggi yang kredibel. Beliau juga memberikan berbagai kiat-kiat membangun networking tersebut. I Wayan Suharta, S.Ag., M.Si memberikan materi kebijakan makro Ditjen Bimas Hindu tentang pengelolaan perguruan tinggi agama Hindu. Dilain sesi Drs. I Made Suparta, M.Hum Narasumber dari Universitas Indonesia Memberikan Kiat membangun Perguruan Tinggi Hindu Yang berdaya saing dan diakhir sesi Prof. Dr. Ir Made Antara Membawakan materi Pengembangan Sistem Informasi Kampus Dalam rangka menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masing-masing sesi disertai dengan Diskusi yang diikuti dengan semangat oleh peserta sehingga terjadi interaksi yang cukup hangat namun tetap dalam koridor etika dan semangat mencari solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada.

Dalam kesempatan ini forum sepakat dalam pembentukan dua lembaga yang dianggap penting dan dibutuhkan dalam memecahkan persoalan perguruan tinggi antara lain dibentuk Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Agama Hindu Yang di Ketuai Oleh Prof. Dr. Subagiasta dan Asosiasi Dosen Hindu Indonesia dan yang terpilih sebagai Ketua adalah I Made Awanita, S.Ag., M.Pd.

 

 
 
 
:)