Home / Event Kampus / Dharma Yatra Mahasiswa STAH Lampung Angkatan 2011

Dharma Yatra Mahasiswa STAH Lampung Angkatan 2011

 
Dharma Yatra

Dharma Yatra

Sebagai umat Hindu hendaknya kita menjalankan ajaran agama dengan baik, salah satu kewajiban kita sebagai umat Hindu adalah menjunjung tinggi dharma dan mengaplikasikan dharma itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu pula yang dilakukan oleh mahasiswa STAH Lampung angkatan 2011 dari tanggal 23-26 juli 2013 lalu, yang mengusung tema “Melalui Dharma Yatra Kita Tingkatkan Sradha dan Bhakti Dengan Mengamalkan Ajaran Tri Hita Karana” dimana mereka mencoba mengimplementasikan ajaran agama dalam kegiatan nyata melalui dharma yatra yaitu salah satu dari enam dharma yang ada dalam ajaran agama Hindu.

Dharma yatra merupakan usaha meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama melalui persembahyangan atau mengunjungi tempat-tempat suci. Kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa ini adalah mengunjungi tempat-tempat suci yang ada di wilayah Jawa Barat, diantaranya adalah pura Penataran Agung yang berlokasi di Gunung Salak (Bogor), pura Satya Loka Kencana yang berlokasi di Ciangsana, pura Aditya Jaya yang berlokasi di Rawamangun, dan pura Eka Wira Ananta yang berlokasi di Serang. Sesuai tema yang diangkat, melalui dharma yatra ini mahasiswa STAH Lampung selain meningkatkan sradha dan bhaktinya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa juga mengamalkan ajaran Tri Hita Karana yaitu menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, dengan cara melakukan persembahyangan bersama, berdana punia, melantunkan kidung-kidung suci keagamaan, mendengarkan dharmawacana, melakukan dharma tula dan menerima wejangan-wejangan dari orang suci yang ada di pura-pura tersebut.

Kemudian menjalin hubungan yang baik antar sesama manusia dengan cara bersosialisasi dengan masyarakat yang ada atau yang menyungsung banjar di tempat tersebut, karena kedatangan mahasiswa ketempat-tempat tersebut mendapat sambutan hangat baik oleh pengurus pura, pemangku atau orang suci maupun oleh masyarakat setempat. Dan yang terakhir adalah menjalin hubungan yang baik dengan alam, yang dilakukan dengan cara turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan yang bersifat positif semacam ini tentu sangat baik untuk dilakukan tidak hanya oleh mahasiswa STAH Lampung tetapi juga oleh seluruh umat Hindu untuk meningkatkan sradha dan bhakti serta mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Semoga apa yang telah dilakukan oleh para mahasiswa ini dengan penuh keyakinan dan ketulus ikhlasan mereka mendapat waranugraha dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa menghasilkan karma yang baik.

 
 
 
:)